-->
Home » » Biografi Andi Tielman

Biografi Andi Tielman

Posted by sandi maulana
Susandi Maulana & Edelweis, Updated at: 2:11 AM

Posted by sandi maulana on Saturday, July 18, 2015

Biografi Andy Tielman

andy tielman
Andi Tielman
Biografi singkat Andy Tielman, salah satu pentolan grup musik legendaris The Tielman Brothers. Andy Tielman (30 Mei 1936- 10 November 2001) Seniman asal kupang yang terkenal di negeri Belanda bahkan duniapun mengakuinya. Selain itu ia juga dikenal sebagai Bapak Indorock dan tokoh terpenting dunia musik Belanda, ia juga mematahkan fakta bahwa rock & roll berasal dari musisi kulit putih dan hitam amerika serikat. fakta lainya Andy tielman lebih dikenal dieropa daripada di tanah air, hanya segelintir orang yang mengetahui kiprah musiknya Indonesia.

Beliau dikenal karena jangkauan vokalnya yang lebar hingga (5 oktaf) beliau juga dikenal karena permainan gitar virtuosonya. Tidak sedikit musisi Belanda yang mengaku terinspirasi oleh Andy Tielman, seperti Jan Akkerman, Barry Hay dan Herman Brood.

Tielman adalah musisi perdana yang merilis singel rock & roll di Belanda, tepatnya thn 1958, & jadi perintis band rock internasional perdana dari Belanda, The Tielman Brothers. Kariernya merentang sewaktu tujuh dasawarsa sejak pertengahan 1950-an hingga wafat dunia thn 2011.Dimasa kejayaanya pada tahun 1950-1960-an The Tielman Brothers banyak menuai pujian sebagai aksi panggung terbaik di Eropa dan mendapat bayaran termahal di benua itu.

Andy Tielman tutup usia pada umur 75 tahun pada hari Kamis 10 November 2011 waktu setempat. Menurut surat kabar Belanda, De Telegraaf, sebagaimana dirilis Rolling Stone, Andy Tielman menderita sakit kanker perut sejak tahun 2009.

>> sumber  : wikipedia




Share This Post :

0 comments:

Post a Comment

cara ngeblog nj

Popular Posts

Loading...
 
Copyright © 2019 Susandi Maulana & Edelweis. All Rights Reserved